====== Selamat datang di Rara26aries.blogspot.com - Selamat membaca artikel yang ada. Semoga bermanfaat... ======
APABILA MENEMUKAN BROKEN LINK SEGERA HUBUNGI SALAH SATU KONTAK YANG TELAH DISEDIAKAN. TERIMA KASIH
BUDAYAKAN MEMBACA. SAAT INI TIDAK MELAYANI PERMINTAAN PENGIRIMAN EBOOK VIA EMAIL. SUDAH DISEDIAKAN LINK DOWNLOAD DAN TUTORIAL DOWNLOAD. TERIMA KASIH
UNTUK YANG BELUM MENGERTI CARA DOWNLOAD FILE DI BLOG INI, BISA LIHAT TUTORIAL DOWNLOAD DI SINI

2012/05/08

Bahaya Tidur dengan TV Menyala atau Sambil Mendengarkan Musik

Hi Ranners.. After all busy time, finally I can blogging again. Yeay.. Yup, apakah kalian tahu bahayanya tidur dengan tv menyala atau earphone masih nempel dikuping alias sambil mendengarkan musik? Nah, kali ini aku mau coba share. Check this out ! :D

Pada umumnya, pada saat tidur usahakan matikan lampu pada pukul 9 malam - 8 pagi. Kenapa? Karena pada saat anda tidur dan lampu dalam keadaan mati maka tubuh akan menghasilkan Hormon Melatonin. Apa sih Hormon Melatonin itu? Jeng jengg... =D .. Hormon Melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak yang pembentukannya dipicu oleh gelap dan berfungsi mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur. Hormon Melatonin yang maksimal itu ada sekitar pukul 02.00 - 04.00 midnight . Hal tersebut juga menjawab, mengapa semakin bertambah usia semakin sedikit frekuensi jam tidur pada malam hari. Karena secara otomatis tubuh dalam menghasilkan Hormon Melatonin mengalami penurunan. Manfaat lain melatonin adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, meningkatkan imun tubuh menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan. :)
Nah udah tau kan? Apa itu Hormon Melatonin dan fungsinya?
Kembali ke topik. Usahakan matikan TV dan Musik. Kenapa? Pada saat kita tidur sebetulnya otak tidak pernah tidur. Otak selalu menjalankan aktivitasnya walaupun tidak sesibuk seperti di saat bangun, yaitu menjalankan sistem metabolisme tubuh. Pada malam hari, seiring menurunnya aktivitas tubuh, ritme gelombang otak pun mengalami penurunan. Namun apabila kita tidur sambil mendengarkan musik, televisi dalam keadaan hidup atau lampu ruangan sedang menyala terang, maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peralatan tersebut tetap diterima oleh indera pendengaran dan penglihatan kita.Gelombang suara diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga dan gelombang cahaya tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak kita. Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk.Apabila hal ini berlangsung sepanjang malam, berarti kita hanya tidur menurut tubuh luar, tetapi tidak menurut otak. Otak akan terus bekerja mengolah informasi yang masuk tersebut. Jadi jangan biarkan otak Anda kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari, sedangkan di siang hari otak juga akan diperas oleh kegiatan rutin kita.

Udah tau kan? Jadi udah tau dong gimana merawat badan kita supaya sehat. Memang hal yang sepele sih. Tapi lagian any adage say like this "Health care is expensive" so, you must keep your body so well ;)
Yupp..
See you on the next post..
Semoga bermanfaat..
Cheers, ^_^

GOD loves yall..

Rara26aries

Comments
0 Comments

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More